KLASIFIKASI Acanthophora spicifera

Acanthophora Spicifera

Kerajaan : Plantae
   Filum / Divisi   : Rhodophyta
      Kelas      : Rhodophyceae
         Keluarga         : Rhodomelacedae
            Genus            : Acanthophora

Keterangan Species:
Acanthophora spicifera adalah Rhodophycean alga dengan distribusi luas di seluruh daerah tropis dan subtropis (Kilar dan McLachlan, 1986). Hal ini terjadi pada berbagai macam substrat , dari bawah keras, sebagai epifit pada ganggang lainnya, atau sebagai alga yang hidup bebas melayang. Hal ini sering komponen besar biomassa alga melayang.

       A. spicifera memiliki pegangan erat, besar berbentuk tidak teratur untuk dipasang pada dasar keras. Dari pegangan erat, daun tegak mulai berkembang. Cabang-cabang utama memiliki pendek, branchlets determinate yang berbentuk tidak teratur dan spinose. Branchlets adalah hook-seperti, rapuh dan fragmen dengan mudah di bawah aksi gelombang berat. Warna sangat bervariasi, dan dapat warna merah, ungu, atau coklat (Littler dan Littler, 1989). A. spicifera tumbuh tegak untuk sekitar 25 cm.

Distribusi dan Habitat:
Acanthophora spicifera adalah salah satu spesies ganggang merah yang paling berlimpah yang ditemukan di terumbu flat (Joikel dan Morrissey, 1986). Ia memiliki distribusi yang luas baik di habitat tropis dan subtropis, terjadi terutama di pasang surut dan subtidal zona. Hal ini ditemukan secara luas pada rataan terumbu dangkal di seluruh Florida, Kepulauan Virgin dan Puerto Rico hingga kedalaman 22 meter, meskipun biasanya menempati perairan lebih dangkal 1-8 meter.(Kilar dan McLachlan, 1986; Littler dan Littler 1989).

Daftar Pustaka

1.http://radenbeletz.blogdetik.com/jenis-jenis-rumput-laut-alga/
2.http://www.iptek.net.id/ind/pd_alga/index.php?alga=merah
3.http://www.hawaii.edu/reefalgae/invasive_algae/rhodo/acanthophora_spicifera.htm
4.http://www.algaebase.org/search/genus/detail/?genus_id=33926&-session=abv4:6E8B93AF0cd201E818UvMuA3788A

Comments

Popular posts from this blog

Laporan PKL PROSES PRODUKSI PENGOLAHAN AMPLANG IKAN BELIDA (Notopterus chitala) DI TOKO TERMINAL AMPLANG HJ. ADAWIYAH SAMARINDA

PLANKTON NET

Laporan PKL Alat Tangkap Bagan Congkel